Laporan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karo Pada Acara Penyerahan Ambulans Dan Puskesmas Keliling Oleh Bupati Karo Kepada Kepala Puskesmas Di Kabupaten Karo

 

Kabanjahe, 18 September 2019

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2009 tentang kesehatan mengamanatkan bahwa pembangunan kesehatan harus ditujukan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat masyarakat yang setinggi-tingginya.

Salah satu upaya untuk memenuhi amanat tersebut adalah memenuhi sarana dan prasarana di puskesmas. Di dalam Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 75 Tahun 2014 tentang Puskesmas Pasal 13 disebutkan “puskesmas harus memiliki prasarana yang berfungsi paling sedikit terdiri atas…..kendaraan puskesmas keliling dan kendaraan ambulans”

Puskesmas keliling merupakan jaringan pelayanan puskesmas yang bersifat bergerak (mobile), untuk meningkatkan jangkauan dan kualitas pelayanan bagi masyarakat di wilayah kerja puskesmas yang belum terjangkau oleh pelayanan dalam gedung puskesmas.

Tujuan dari puskesmas keliling adalah untuk meningkatkan jangkauan dan mutu pelayanan kesehatan bagi masyarakat

Fungsi dari puskesmas keliling adalah sebagai :

  1. Sarana transportasi petugas
  2. Sarana transportasi logistik
  3. Sarana pelayanan kesehatan
  4. Sarana pendukung promosi kesehatan

Ambulans transport adalah ambulans yang dilengkapi dengan peralatan untuk bantuan hidup/life support,  dengan kru yang memiliki kualifikasi yang kompeten.

Ambulans berfungsi sebagai sarana transportasi rujukan pasien dari lokasi kejadian ke sarana pelayanan kesehatan dengan pengawasan medik khusus.

Salah satu sumber dana untuk mendukung pengadaan sarana dan prasarana puskesmas adalah dana alokasi khusus (DAK).

DAK fisik bidang kesehatan diarahkan untuk meningkatkan akses dan kualitas pelayanan kesehatan dasar, pelayanan kesehatan rujukan dan pelayanan kefarmasian serta peningkatan kegiatan promotif-preventif dalam rangka mendukung program Indonesia sehat (paradigma sehat, pelayanan kesehatan dan JKN) melalui pendekatan keluarga untuk meningkatkan pemerataan pelayanan kesehatan terutama di daerah perbatasan dengan negara tetangga, tertinggal, terpencil, dan kepulauan.

Melalui DAK bidang kesehatan kita berharap dapat terwujud pemenuhan sarana, prasarana dan alat kesehatan serta pemerataan jangkauan dan kualitas pelayanan kesehatan di Kabupaten Karo.

Alokasi Ambulans dan Puskesmas Keliling

Ambulans Transport Single Gardan

  1. Puskesmas Kabanjahe
  2. Puskesmas Berastagi
  3. Puskesmas Korpri
  4. Puskesmas Tiganderket
  5. Puskesmas Barusjahe
  6. Puskesmas Tigapanah
  7. Puskesmas Singa
  8. Puskesmas Simpang Empat
  9. Puskesmas Naman Teran
  10. Puskesmas Merek
  11. Puskesmas Dolat Rayat
  12. Puskesmas Payung

Ambulans Transport Double Gardan

  1. Puskesmas Tigabinanga
  2. Puskesmas Lau Baleng
  3. Puskesmas Mardinding

Puskesmas Keliling Single Gardan

  1. Puskesmas Kabanjahe
  2. Puskesmas Munte

Semoga dengan adanya ambulans dan puskesmas keliling ini masing-masing puskesmas di Kabupaten Karo dapat meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan dengan mendekatkan akses pelayanan kesehatan kepada masyarakat, baik pelayanan upaya kesehatan perorangan maupun upaya kesehatan masyarakat.

 

 

POLLING

Pendapat Anda Tentang Dinas Kesehatan Kabupaten Karo?
  • Votes: (0%)
  • Votes: (0%)
  • Votes: (0%)
Total Votes:
First Vote:
Last Vote:

PEJ. STRUKTURAL

KANTOR

Jl. Kapten Selamat Ketaren No. 9
Telp. 0628-20260
Fax. 0628-32305
Kabanjahe Sumatera Utara
Indonesia 22112
Website: dinkes.karokab.go.id
Email: dinkes@karokab.go.id

Germas1

Gemes