35 Nakes Siap Mengabdi di Kepulauan Aru

35NakesMengabdiJakarta, 18 Oktober 2016

Sebanyak 32  tenaga kesehatan (Nakes) yang tergabung dalam 6 tim Nusantara Sehat pagi ini (18/10) disambut Sekretaris Dinas Kesehatan Prov. Maluku Hasan Mulud,  SH sebelum ditempatkan di Kepulauan Aru selama dua tahun.  Tim Nusantara Sehat ini nantinya akan mengabdi di Puskesmas terpencil yang berjarak sekitar 698 km dari Ambon ibukota provinsi Maluku.

Dalam kesempatan tersebut Sekretaris Dinas Kesehatan menyampaikan bahwa akses menuju kepulauan Aru sudah cukup memadai dengan adanya rute penerbangan Ambon-Dobo,  namun jumlah tenaga kesehatan yang ada masih sedikit sehingga peran tim Nusantara Sehat dibutuhkan untuk membantu pelayanan kesehatan di Kepulauan Aru.

Tahun 2016, Kemenkes kembali mengirimkan tim NS ke daerah tertinggal, perbatasan, dan kepulauan (DTPK). Keseluruhan anggota tim Nusantara Batch IV ini terdiri 272 peserta yang tersebar di 46 Puskesmas DTPK.  Sebelum melaksanakan pengabdian di DTPK, para Nakes telah menjalani berbagi pelatihan seperti basic life suport,  kegawatdaruratan,  dan lain-lain  di Pusdikkes Kramat Jati selama 40 hari.

Tim Nusantara Sehat yang akan bertugas di Kepulauan Aru akan ditempatkan di Puskesmas Jerwatu,  Doka Barat,  Kobadangar,  Panambulai, Wakua,  dan Ngaibor. Tenaga kesehatan yang tergabung dalam tim Nusantara Sehat Kepulauan Aru terdiri dari Dokter Umum, Dokter gigi,  Perawat,  Bidan, Apoteker,  Analis Kesehatan,  Kesehatan Lingkungan, Gizi, dan Kesehatan masyarakat.

Sebelum sampai di daerah penempatan Tim Nusantara Sehat menyampaikan rancangan program kerja di kantor  Dinas Kesehatan Provinsi Maluku. Dalam kesempatan tersebut mereka juga menyiapkan beberapa program kesehatan untuk dua tahun ke depan. Salah satunya seperti program Posyandu ceria yang digagas tim Nusantara Sehat Jerwatu. Dalam program tersebut tim Nusantara Sehat Jerwatu   melakukan pendekatan dengan menghadirkan pedagang kebutuhan sehari-hari di sekitar lokasi posyandu  pada hari pemeriksaan Balita.

Jadi ibu-ibu bisa belanja kebutuhan sehari-hari sambil memeriksakan anaknya di Posyandu, ujar Safarluhutan Hasibuan,  tenaga Dokter  penempatan Jerwatu.

Sumber: http://www.depkes.go.id

 

POLLING

Pendapat Anda Tentang Dinas Kesehatan Kabupaten Karo?
  • Votes: (0%)
  • Votes: (0%)
  • Votes: (0%)
Total Votes:
First Vote:
Last Vote:

PEJ. STRUKTURAL

KANTOR

Jl. Kapten Selamat Ketaren No. 9
Telp. 0628-20260
Fax. 0628-32305
Kabanjahe Sumatera Utara
Indonesia 22112
Website: dinkes.karokab.go.id
Email: dinkes@karokab.go.id

Germas1

Gemes