Sarana Kesehatan

Puskesmas

Pelayanan kesehatan di Puskesmas

Puskesmas merupakan sarana pelayanan kesehatan dasar yang menyelenggarakan kegiatan Promosi Kesehatan, Kesehatan Lingkungan, Pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) termasuk Keluarga Berencana (KB), Perbaikan Gizi, Pemberantasan Penyakit Menular dan Pengobatan. Beberapa Puskesmas yaitu Puskesmas Perawatan, disamping menyelenggarakan pelayanan kesehatan seperti Pusksesmas umumnya, juga menyediakan fasilitas pelayanan rawat inap. Dengan demikian Puskesmas Perawatan juga berfungsi sebagai “Pusat Rujuan Antara” yang melayani penderita gawat darurat sebelum dirujuk ke Rumah Sakit.

Perkembagnan puskesmas dari tahun ke tahun diupayakan terus meningkat sehingga diharapkan pelayanan kesehatan dapat terjangkau oleh masyarakat dan merata sampai  ke daerah terpencil. Sampai tahun 2014 jumlah Puskesmas di Kabupaten Karo adalah 19 buah. Setiap kecamatan sudah memiliki paling sedikit 1 Puskesmas. Dari 17 kecamatan terdapat 2 kecamatan yang memiliki 2 puskesmas yaitu Kecamatan Berastagi dan Tigapanah. Bila dibandingkan dengan jumlah penduduk Kabupten Karo (363.755 jiwa), maka 1 Puskesmas melayani 20.504 jiwa. Bila dibandingkan dengan standar nasional (1 Puskesmas melayani 30.000 jiwa), berarti pemerintah Kabupaten Karo dalam penyediaan sarana kesehatan khususnya puskesmas sudah mampu mencapai standar nasional tersebut.

Read more: Puskesmas

Rumah Sakit

Rumah Sakit adalah sarana pelayanan kesehatan rujukan (tingkat pertama, kedua dan ketiga). Indikator yang digunakan untuk menilai perkembangan sarana rumah sakit antara lain dengan melihat perkembangan fasilitas perawatan yang biasa diukur dengan jumlah rumah sakit dan tempat tidurnya serta rasio terhadap penduduk. Sampai akhir 2014 jumlah rumah sakit di Kabupaten Karo adalah 8 buah dengan rincian 2 buah rumah sakit pemerintah dan 6 buah rumah sakit swasta, 2 diantara 6 rumah sakit swasta adalah RSIA (Rumah Sakit Ibu Anak) dan 1 rumah sakit khusus yaitu Rumah Sakit Kusta di Lau Simomo.

 

Sumber: Profil Kesehatan Kabupaten Karo Tahun 2014

 

Pos Kesehatan Desa (Poskesdes)

Poskesdes adalah salah satu bentuk peran serta masyarakat dalam bidang kesehatan dimana petugas kesehatan dan masyarakat melalui kader kesehatan, bekerjasama mengelola masalah kesehatan dan menanggulanginya dengan memanfaatkan potensi yang ada, sebelum dirujuk ke tingkat yang lebih tinggi.

Salah satu kriteria desa siaga adalah memiliki minimal 1 Pos Kesehatan Desa. Tenaga Poskesdes minimal 1 (satu) bidan dan 2 (dua) orang kader. Pada tahun 2014 di Kabupaten Karo jumlah Poskesdes sebsar 217 buah.

 

Sumber: Profil Kesehatan Kabupaten Karo Tahun 2014

 

 

POLLING

Pendapat Anda Tentang Dinas Kesehatan Kabupaten Karo?
  • Votes: (0%)
  • Votes: (0%)
  • Votes: (0%)
  • Votes: (0%)
  • Votes: (0%)
Total Votes:
First Vote:
Last Vote:

PEJ. STRUKTURAL

KANTOR

Jl. Kapten Selamat Ketaren No. 9
Telp. 0628-20260
Fax. 0628-32305
Kabanjahe Sumatera Utara
Indonesia 22112
Website: dinkes.karokab.go.id
Email: dinkes@karokab.go.id

Germas1

Gemes